Slideshow

Advertisement (468 x 60px )

Latest News

Selasa, 22 Desember 2009

Kontribusi Koperasi Terhadap Perkembangan UMKM

Koperasi-koperasi yang dapat kita gunakan untuk menunjang usaha mikro, kecil dan menengah diantaranya Koperasi jasa keuangan (KJK) yang terdiri Koperasi simpan pinjam (KSP), unit-unit simpan pinjam (USP) milik Koperasi dan Koperasi jasa keuangan syariah (KJKS) serta unit- unit Koperasi jasa keuangan syariah (UJKS) yang banyak dimiliki Koperasi konvensional.
Bukan hanya koperasi yang dapat membantu perkembangan dari UMKM, tetapi ada juga program pemerintah yang disebut Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang namun masih memiliki Rata Penuhkendala karena kesulitan akses akibat dari peraturan perbankan yang cukup ketat.
Di dalam perkembangan Kontribusi koperasi dan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) merupakan langkah yang strategis dalam meningkatkan dan memperkuat dasar kehidupan perekonomian terbesar rakyat Indonesia, khususnya melalui penyediaan lapangan kerja dan mengurangi kesenjangan serta tingkat kemiskinan yang ada. Dengan demikian kontribusi koperasi terhadap perkembangan UMKM harus terencana, sistematis dan menyeluruh dimana meliputi :
1. penciptaan iklim usaha dalam rangka membuka kesempatan berusaha seluas-luasnya, serta menjamin kepastian usaha disertai adanya efisiensi ekonomi
2. pengembangan sistem pendukung usaha bagi UMKM untuk meningkatkan akses kepada sumber daya produktif sehingga dapat memanfaatkan kesempatan yang terbuka dan potensi sumber daya, terutama sumber daya lokal yang tersedia
3. pengembangan kewirausahaan dan keunggulan kompetitif usaha kecil dan menengah (UKM)
4. pemberdayaan usaha skala mikro untuk meningkatkan pendapatan masyarakat yang bergerak dalam kegiatan usaha ekonomi di sektor informal yang berskala usaha mikro, terutama yang masih berstatus keluarga miskin. Selain itu, peningkatan kualitas koperasi untuk berkembang secara sehat sesuai dengan jati dirinya dan membangun efisiensi kolektif terutama bagi pengusaha mikro dan kecil.


Kesimpulan :
Koperasi-koperasi di indonesia mempunyai hubungan terhadap perkembangan UMKM,didalam hubungannya tersebut koperasi merupakan langkah yang strategis dalam memperkuat dasar kehidupan perekonomian terbesar rakyat serta membantu UMKM secara sistematis dan menyeluruh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar